3. Teknik Promosi Blog

Sabtu, 16 Oktober 2010

Promosi merupakan sebuah aktifitas menawarkan produk atau jasa yang bertujuan menarik orang lain untuk membeli, menggunakan atau bahkan hanya melirik produk atau jasa yang ditawarkan.
Nah, dalam dunia blog, sebagai Author/penulis/empunya blog kita merasakan kesenangan tersendiri jika ada aktifitas yang nyata pada produk yang kita tawarkan (dalam hal ini adalah blog). Aktifitas tersebut antara lain adalah banyaknya komentar yang datang. Untuk mendapatkan hal itu, tentunya kita juga harus merelakan sedikit waktu untuk sekedar meninggalkan jejak di blog orang lain. Yah, memang sudah begitu seharusnya.
Teknik-teknik yang bisa dilalui selain lewat jejak yang kita tinggalkan pada blog orang lain, tentunya masih banyak cara lain yang bisa ditempuh. Diantaranya adalah:
  1. Lewat signature email
  2. Hahaha.. bukan rahasia lagi, kalau inilah teknik yang cukup ampuh dalam mempromosikan blog. Tapi cara ini tidak akan ampuh jika anda tidak mengikuti dunia milis yang ramai. Sebagai contoh, kampung gajah merupakan salah satu milis teramai yang pernah saya ikuti. Isinya, 68% adalah blogger, lalu 32%-nya adalah BASBANGTUT. Perlu diingat juga, akan lebih baik anda menaruh permalink dari tulisan terakhir saja, bukan alamat blog secara global. Lumayan, teknik ini menjadi RSS reader buat orang lain. Yang sudah merealisasikan teknik ini di kampung gajah adalah Herry, Benny Chandra, awan dan tentunya saya. Hihihi. Sisanya, hanya meninggalkan alamat blognya saja.
  3. Lewat Status Yahoo Messenger
  4. Cara ini kurang efektif. Karena banyak juga yang malas jika status yang ditulis hanya alamat blog saja, tanpa kata-kata yang kurang menarik.
  5. Lewat SMS
  6. “Aku sudah nulis yang baru” begitu tulisannya. Hahaha.. ini seharusnya rahasia, tapi biarlah. Saya dan cintah suka melakukan hal ini, promosi lewat SMS. Hihihi…
  7. Lewat Kartu Nama
  8. Kalau anda cukup bermodal, bolehlah cara ini dipakai. Tapi perlu diingat, ini tak cukup menarik banyak orang untuk mengunjungi blog anda, walaupun sudah puluhan Boks sudah dicetak.
  9. Lewat ucapan
  10. Nah, dalam hal ini, akan menjadi kesulitan jika alamat blog anda banyak mengandung karakter huruf yang tidak jelas. Maka dari itu, pemilihan alamat blog adalah sangat penting.
Jadi, selain jadi penulis blog, tentunya kita juga bisa menjadi tenaga marketing yang baik. Buat yang jomblo, dan mencari pasangan lewat blog, ada cara-cara tertentu yang bisa dijalankan. Tapi ini tergantung dari kerja keras anda. Tidak lupa FMCOPD adalah faktor yang tidak kalah penting, dan tunggu tulisan saya tentang teknik ini.

0 komentar:

Posting Komentar