5. Motivasi Karyawan

Sabtu, 16 Oktober 2010


Written by Mr. Endi on September 7, 2009 – 8:21 am -

rahasia sederhana sukses
Berkerja bagi beberapa individu adalah suatu hal yang sangat membosankan. Jika telah mencapai titik kebosanan, maka setiap pekerjaan yang dikerjakan tidak dapat diselesaikan dengan baik dan maksimal. Oleh karena itu dalam hal ini diperlukan sebuah motivasi yang baru agar dapat membuat seorang karyawan semang lagi.
Jika motivasi karyawan untuk bekerja ada, maka karyawan tersebut meruapakan individu yang produktif dan menjadi salah satu tenaga sdm yang dapat diandalkan. Jika predikat sebagai karyawan andalah dimata atasan dapat diraih, maka kemungkinan akan dapat memperlancar perkembangan karir Anda. Untuk mencapai kesuksesan dalam karir, maka salah satu instrument yang dibutuhkan adalah dukungan dari lingkungan. Salah satu bentuk dari dukungan lingkungan adalah penilaian positif dari atas terhadap kinerja dan kepribadian Anda yang dapat dipercaya dan diandalkan.
Semenjak kita kecil sering kali memiliki cita-cita yang tinggi, namun seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia setelah melihat realita, cita-cita tersebut terkikis sehingga semakin rendah dan makin menurun.Ubahlah paradigma ini, Anda harus tetap mempertahankan cita-cita Anda tersebut jangan dikurangi sedikitpun. Ubahlah kualitas diri Anda, agar mampu mempertahankan cita-cita tersebut. Jika Anda lembut pada diri Anda, maka kehidupan akan keras kepada Anda. Namun jika Anda keras terhadap diri Anda, maka kehidupan akan ramah dan lembut kepada diri Anda. Berusahalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Cari berbagai motivasi yang dapat membantu melakukan hal tersebut. Jadilah pribadi dan pekerja yang efektif dan dapat diandalkan baik bagi diri Anda sendiri maupun lingkungan Anda (dimana dalam hal ini adalah lingkungan tempat kerja Anda.
Mencari lowongan kerja saat ini memang sangat susah. Namun apabila Anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang ditekuni sekarang, maka tidak ada salahnya untuk cari kerja di tempat atau dibidang lainnya.  Mungkin karir Anda akan menjadi lebih bagus di bidang lain. Tapi jika merasa sudah cocok dengan bidang yang Anda tekuni sekarang, dan bekerja pasa suatu perusahaan tertentu (menjadi karyawan buka wiraswasta), berikut ini beberapa tips untuk memotivasi Anda menjadi lebih baik dan dapat menjadi seseorang atau karyawan yang dapat diandalkan:
1. Mencari partner yang tepat
Tak dipungkiri manusia adalah makhluk sosial, dan membutuhkan interaksi dengan lingkungan sekitarnya untuk dapat memenuhi segala macam kebutuhanya. Tak terkecuali dalam dunia kerja, manusia juga dituntut untk dapat bekerja dalam suatu tim secara keseluruhan. Temukan tim yang solit yang mampu mengerjakan tugas-tugas kantor dengan solid. Atau dengan kata lain jika dengan bahasa yang licik lebih sering dikenal dengan istilah ‘sekutu’. Untuk hal ini biasanya akan memakan waktu lama. Namun jika sudah berhasil menemukan tim kerja yang bagus maka akan sangat mudah untuk mengembangkan karir Anda.
2. Memanfaatkan waktu dengan optimal
Pepatah mengatakan jika Anda ingin sukses, maka taklukanlah waktu. Jika Anda mampu berlari dengan baik dan mampu mengimbangi waktu maka kesuksesan ada dihadapan Anda. Dalam hal ini maksudnya adalah pandai-pandailah memanfaatkan waktu denga baik. Karyawan yang dapat mengelola waktunya dengan baik, maka karyawan tersebut akan dapat diandalkan, terutama ketika diberi pekerjaan dengan kategori ‘dead line’. Dengan memanfaatkan waktu dengan baik, maka kehidupan Anda akan jadi lebih teratur dan terarah, baik dimasa sekarang atau untuk masa depan.
3. Menganalisis waktu produktif
Sebenarnya tantangan terbesar dari menyelesaikan suatu pekerjaan adalah rasa malas. Jika Anda bisa mengalakan diri Anda sendiri yaitu rasa malas, maka pekerjaan dapat dikerjakan dengan baik dan lebih cepat. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara mengetahui jam-jam produktif Anda. Jika jam produktif telah diketahui, maka manfaatkanlah secara maksimal. Usahakan di jam produktif tersebut untuk digunakan dalam pekerjaan bukan yang lainnya, Hal ini akan mempercepat penyelesaian dari setiap tugas yang dberikan kepada Anda. Gunakan jam-jam diluar waktu produktif untuk melakukan kegiatan yang relax, seperti membuka emal, main FB (Facebook), membuat copy folder dan lain-lain. Jangan sampai kebalikannya dimana jam nyantai tapi digunakan untuk pekerjaan yang serius, hal ini akan membuat fisik badan tidak dapat bekerja secara maksimal. Karena hal itu adalah diluar dari jam produktif Anda. Dan fisik telah terbiasa dengan hal itu.

0 komentar:

Poskan Komentar